Tuesday 29 January 2013

Cara Mengatasi Android Lambat


Ponsel dengan sistem operasi android merupakan salah satu jenis smartphone yang banyak digunakan saat ini, dengan berbagai kelebihan seperti fitur multitasking yang dapat menjalan lebih dari satu aplikasi sekaligus menjadikan ponsel jenis ini begitu diminati. Dengan banyaknya fitur yang canggih tidak lantas membuat ponsel berOS android ini lepas dari kekurangan, salah satu kekurangan ponsel android adalah sering terjadi LAG ataupun lambat saat digunakan. Karenanya pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sedikit tips cara mengatasi ponsel android yang lambat atau lemot, langsung saja berikut ini cara mengatasinya.


1. Bersihkan Cahce

Pada dasarnya semua ponsel akan lambat kinerjanya jika banyak cahce yang tersimpan pada memory internal, salah satu cara mengatasi agar ponsel kembali normal adalah membersihkan semua cahcenya. Anda dapat menggunakan aplikasi History Eraser untuk menghapus semua cahce pada memory internalnya, caranya cukup mudah tinggal buka aplikasi dan pilih menu clean selected, maka secara otomatis semua cahce pada memory internal akan terhapus secara otomatis.


2. Jangan Menjalankan Banyak Aplikasi Sekaligus

Ponsel android terkenal dengan fitur multitasking dimana fitur tersebut mampu membuat ponsel dapat menjalankan banyak aplikasi sekaligus, namun hal ini merupakan penyebab utama sebuah ponsel android lambat. Oleh karena itu sebaiknya jangan terlalu menjalankan aplikasi sekaligus, kami menyarankan anda menjalan maksimal 3 aplikasi dalam waktu yang bersamaan.







3. Simpan Semua File Pada Memory Eksternal

Dengan ruang penyimpanan memory internal yang sedikit, maka jika banyak file yang disimpan disana akan membuat ponsel lambat. Jadi sebaiknya simpanlah segala jenis file pada memori eksternal, tujuannya agar kinerja ponsel tidak lambat dan dapat berjalan normal.


4. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau ketika mengaktifkan live wallpaper kinerja ponsel akan lambat, itu disebabkan karena ketika live wallpaper aktif akan mengurangi jumlah penyimpanan pada memory internal ponsel. Karena itu sebaiknya jangan mengktifkan live wallpaper bila tidak ingin kinerja ponsel menjadi lambat.




5. Jangan Biarkan Sms Masuk atau Terkirim Menumpuk

Mungkin anda tidak pernah menyadari kalau sms masuk atau terkirim juga berpengaruh pada kinerja ponsel, karena semua sms akan tersimpan pada memory internal sehingga kinerja ponsel akan menjadi lambat. Jadi jangan pernah biarkan sms menumpuk kalau tidak mau ponsel android anda lambat.
Semoga bermanfaat untuk para sobat :-)

No comments:

Post a Comment